Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban Memproduksi : Batik Tulis Kain Bahan Juantiu, Blacu, Sutera dan Gedog, Kaos Oblong, Kaos Kerah, Pakaian Jadi / Seragam Kantor / Seragam Sekolah partai dan eceran sejak tahun 1991. Baca Selengkapnya...

Tips Aman Berbelanja Online

Tips aman berbelanja online, Tips berbelanja di toko online, Tips berbelanja online yang aman.
Belanja online batik tuli gedog Tuban di www.batikhmsholehtuban.com

Bagi sebagian kalangan, berbelanja melalui jaringan internet atau yang sering disebut dengan nama beken Online Shopping ditoko online mungkin sudah jamak dilakukan setiap hari. Mulai berbelanja produk IT, produk perlengkapan rumah tangga hingga barang antik bisa dan biasa dilakukan melalui kegiatan online shopping ini.

Tetapi tahukah Anda, dibalik kebiasaan menikmati kemudahan berbelanja online, terdapat beberapa celah keamanan yang bila Anda tidak waspada malah akan menjadi korban penipuan bermodus belanja online atau toko online.

Beberapa Tips Aman Berbelanja Online berikut patut Anda baca dan terapkan pada saat berbelanja melalui toko online :

1. Pastikan jaringan Anda aman dari program yang bisa mencuri data transaksi Anda, hal ini penting agar informasi-informasi transaksi yang telah maupun yang sedang Anda lakukan tidak diketahui dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui jaringan, terutama jaringan wi-fi publik.

2. Pastikan gadget yang Anda gunakan bertransaksi online terbebas dari program jahat (virus, malware, spyware). Program keylogger, bisa mengetahui apa saja yang Anda ketikkan pada keyboard komputer atau laptop lalu mengirimkan hasil mata-mata melalui jaringan kepada orang yang menanam keylogger pada komputer atau laptop Anda untuk mengetahui detail transaksi, termasuk PIN Anda.

3. Berbelanjalah pada toko online terpercaya dan bertanggungjawab. Hal ini penting agar pada saat ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada transaksi yang Anda lakukan bisa dimintai pertanggungjawaban kepada pengelola atau pemilik toko online dan data transaksi Anda aman, tidak disebar luaskan toko online bersangkutan.

4. Cermati kebijakan pelayanan terutama kebijakan pembelian pada toko online. Termasuk kebijakan penggantian barang karena satu hal tertentu, lama pengiriman, tata cara pengiriman dan yang paling penting metode pembayaran (cash on delivery, transfer rekening bank dsb).

5. Pastikan pada saat Anda akan membeli suatu produk pada sebuah toko online, usahakan Anda mengetahui alamat fisik resmi toko online agar terhindar dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Toko online resmi yang mempunyai gerai pemasaran fisik lebih menjamin transaksi Anda dan lebih bertanggungjawab daripada yang hanya sekedar toko online tanpa gerai fisik.

6. Jangan mudah tergiur dengan harga murah, mungkin Anda orang yang lebih mudah merelakan uang Anda untuk dibelanjakan barang dengan bentuk dan kegunaan yang sama namun dengan harga yang jauh lebih murah. Jangan tergiur dengan harga murah pada saat berbelanja online, karena selain kwalitas yang sudah pasti berbeda, masa garansi, after salesnya mungkin akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

7. Apa yang ingin Anda beli ? Toko Online tempat berbelanja online sangatlah luas, mencapai seluruh dunia global yang terkoneksi melalui jaringan internet. Agar transaksi yang Anda lakukan menjadi aman dan nyaman saat berbelanja online, ada baiknya Anda tahu apa yang Anda butuhkan dan ingin Anda beli. Selain bisa menghemat pengeluaran, hal ini agar Anda lebih bisa fokus mencari informasi produk sebelum memutuskan membeli produk secara online. Untuk mencari informasi guna membuat keputusan barang apa yang ingin Anda beli, Anda bisa menanyakan pada Contact Center yang ada pada toko online.

Ketujuh Tips Aman Berbelanja Online diatas bisa menjadi pedoman Anda dalam kegiatan berbelanja online yang aman, nyaman dan mengasyikkan. Terlepas dari ketujuh tips diatas, BERHATI-HATI dan WASPADA dalam berbelanja (online) merupakan hal utama agar tidak menjadi korban penipuan yang berkedok toko online.


Selamat berbelanja :)

* dari berbagai sumber *

0 Komentar untuk "Tips Aman Berbelanja Online"

Silahkan  berkomentar   mengenai   artikel Blog Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban untuk bertanya, menyanggah atau menambahi artikel.Segala bentuk komentar dari Anda sangat kami hargai dan akan kami jadikan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Nb : Seluruh komentar kami moderasi terlebih dahulu.

Back To Top