Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban Memproduksi : Batik Tulis Kain Bahan Juantiu, Blacu, Sutera dan Gedog, Kaos Oblong, Kaos Kerah, Pakaian Jadi / Seragam Kantor / Seragam Sekolah partai dan eceran sejak tahun 1991. Baca Selengkapnya...

Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog

Motif Lok Chan - Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban : 

Motif Lok Chan batik tulis gedog merupakan bukti adanya asimilasi budaya Tionghoa yang berkembang pada zaman dahulu di Kabupaten Tuban. Motif Lok Chan terinspirasi dari burung Phoenix atau burung Hong. 

Burung Phoenix atau burung Hong merupakan salah satu burung yang dikenal dalam mitologi China (burung Phoenix/burung Hong ini tidak ada pada Kabupaten Tuban). Ciri khas motif Lok Chan adalah bentuk gambar dari burung Phoenix yang mengembangkan sayapnya

Sejarah nama Lok Chan berasal dari China, Cuan atau Juan yang merupakan kain tenun sutra biru sederhana dari negeri China. Pada zaman dahulu sutra yang didatangkan berasal dari China kesemuanya memiliki warna cenderung kebiru-biruan. 

Burung Phoenix atau burung Hong dianggap merupakan pemimpin burung, yang melambangkan keperkasaan seorang laki-laki. Motif Lok Chan dianggap memiliki nilai sakral yang dipercaya oleh masyarakat Kabupaten Tuban untuk menyelimuti seseorang yang disengat kalajengking agar supaya cepat sembuh.

Contoh motif Lok Chan batik tulis Gedog Tuban, Batik Gedog Tuban
Contoh motif Lok Chan batik tulis gedog Tuban.

Salah satu contoh bentuk motif Lok Chan seperti terlihat pada gambar diatas. Kaos berkerah dengan bahan kain katun bermotifkan burung Phoenix dengan anggunnya mengembangkan sayap keperkasaan yang melambangkan laki-laki. Beli batik tulis gedog Tuban berkwalitas di www.batikhmsholehtuban.com.

Referensi : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Tuban

0 Komentar untuk "Motif Lok Chan Batik Tulis Gedog"

Silahkan  berkomentar   mengenai   artikel Blog Batik Tulis Gedog HM. Sholeh Tuban untuk bertanya, menyanggah atau menambahi artikel.Segala bentuk komentar dari Anda sangat kami hargai dan akan kami jadikan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Nb : Seluruh komentar kami moderasi terlebih dahulu.

Back To Top